Senin, 28 Februari 2011

KESELEO atau TERKILIR

Keseleo atau terkilir bisa mengganggu siapa saja dan ia bisa datang secara tiba-tiba. Keseleo diakibatkan tekanan yang keras sehingga jaringan tubuh tidak mampu menerima beban. Contoh berolahraga, terjatuh, dan lain-lain. Bila demikian kejadiannya, perlu penanganan pengobatan yang tepat dan benar.

Cara penyembuhan yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pijat pada bagian yang sakit. Misalnya terkilir pada pergelangan kaki, maka yang dipijat adalah pergelangan kaki. Sebelum melakukan pertolongan, yang harus dipertimbangkan, yaitu, bila pada lokasi yang sakit terjadi pembengkakan, kompres dahulu dengan es. Bila pembengkakan sudah menyusut dan diraba dengan tangan tidak terasa hangat, boleh dilakukan pemijatan.

Pengobatan pemijatan dengan menggunakan manipulasi struking. Petressage, dan friction. Bentuk-bentuk tindakannya, sebagai berikut:
1. Struking dengan 3 jari tangan, petressage dan friction dengan ibu jari tangan 11 titik nyeri paha belakang kaki yang sakit. Untuk struking dimulai dari atas lekuk lutut sampai sebelum batas lipat pantat, bagian tengah lateral dan medial. Untuk petressage dan friction di bagian itu dimulai dari sebelum lipat pantat sampai lipat lutut.
2. Struking dengan 3 jari tangan, petressage dan friction dengan ibu jari tangan pada 8 titik nyeri tungkai bawah belakang, tengah, lateral, dan medial. Untuk struking dimulai di atas tumit sampai lipat lekuk lutut, petressage dan friction dimulai dari lekuk lutut sampai sebelum batas tumit.
3. Struking dengan 4 jari tangan, 4 titik nyeri telapak kaki dimulai dari pangkal jari kaki tengah kaki yang sakit sampai tumit dilakukan yang ringan dahulu. Setelah itu, cara mengurutnya sedang, cukup, kuat, sedang dan ringan kembali. Kemudian lanjutkan petressage dan friction ringan seperti gerakkan di atas tersebut.
4. Struking dengan 3 jari tangan, petressage dan friction dengan ibu jari tangan pada 11 titik nyeri paha depan, bagian tengah, lateral dan medial. Untuk struking dimulai dari atas lutut sampai sebelum batas lipat paha dan perut. Untuk petressage dan friction dimulai dari lipat paha sampai batas lutut.
5. Struking dengan ibu jari tangan, petressage dan friction dengan ibu jari tengah pada 8 titik nyeri pada musculus tibialis anterior. Untuk struking dimulai dari pada tengah-tengah musculus tibialis anterior sampai sebelum batas lutut (jari kaki) dan pergelangan kaki dengan gerakkan ringan.
6. Tindakan pengobatan pada pergelangan kaki yang sakit. Gerakan-gerakan manipulasi dikerjakan dengan ringan, sedang, cukup, dan kuat serta kembali sedang.

Dari cara penyembuhan tersebut, agar mendapat hasil yang baik. Agar proses pemijatan lebih mudah, gunakanlah pelicin yang lembut dan natural serta tidak mengandung methanol. Agar pada selaput-selaput pembuluh darah tidak terjadi penimbulan warna-warna merah.

Ok. slamat mencoba, semoga berhasil

2 komentar:

  1. monghabibullah@gmail.com21 September 2012 pukul 23.40

    mohon penjelasan, karena di beberapa artikel yang lain mengatakan bahwa untuk pemijatan pada masa akut (sekitar 2 hari), maka hal tersebut hanya akan memperberat kondisi, apalagi apabila terdapat kondisi bengkak. secara teori, pemijatan memicu efek relaksasi dan dilatasi pada pembuluh darah, sehingga akan memperberat bengkak di tempat yang cidera. mungkin akan lain halnya bila yang dipijit adalah di tempat sekitar titik cidera, mungkin akan memeratakan bengkak. mohon penjelasannya. terima kasih.

    BalasHapus
  2. bila telah terjadi pembengkakan, terlebih dahulu dikompres.tapi dilihat dulu apakah sudah akut dan berbahaya atau belum

    BalasHapus